hai
bro and sis sekalian, apa kabarnya? semoga dalam keadaan baik-baik
saja. Kemarin terjadi kecelakaan antara kereta api KRL jurusan tanah
abang serpong dengan seekor mobil tangki yang berisi BBM penuh. Memang
kejadiannya sangat mengenaskan karena adanya korban jiwa. Kok bisa
sampai begitu ya, disinyalir sopir mobil tangki pertamina itu menerobos
palang pintu kereta api, nekat melaju dan akhirnya mogok ditengah rel
perlintasan KRL.
Lho kok bisa mogok, ya bisalah. Nah ini
dia alasanya kenapa mobil akan mogok diatas jalur kereta yang akan di
lalui kereta api? cekibrot ;
Jawabannya adalah IMPEDANSI, Yaitu timbulnya medan magnet akibat gesekan yang terjadi antara rel kereta dengan bagian roda kereta api.
Impedansi ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, demikian penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Impedansi ditimbulkan oleh gesekan antara roda kereta dengan relnya, demikian penuturan Dr Ir. Djoko Sungkono, kepala Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.
Lebih lanjut Djoko menuturkan bahwa hal
tersebut adalah akibat impedansi yang ditimbulkan oleh pergesekan roda
kereta api dan relnya, dan impedansi itu yang mengakibatkan mesin mobil
yang mati sulit menyala kembali. Kejadian itu terutama berpengaruh pada
mobil atau kendaraan yang berbahan bakar bensin, meskipun kendaraan
berbahan bakar solar juga ada yang terpengaruh.
”Pada kendaraan yang berbahan bakar bensin, starternya digerakkan
oleh dinamo,” paparnya. Dari dinamo ini dihasilkan medan magnet yang
selanjutnya menggerakkan mesin mobil. Djoko mengatakan, hal tersebut
tidak jadi masalah bila mesin mobil tersebut tidak mati.Namun bila mesin tersebut mati maka akan sulit untuk dihidupkan lagi.Medan impedansi tersebut tidak diperlukan jarak yang dekat, hal tersebut sudah mulai dapat berpengaruh ketika kereta api masih berjarak 1,5 km dari lokasi lintasan di mana kendaraan bermotor itu melintas rel.
Nah kalau mobil anda mogok di tengah rel harus bagaimana? ini dia yang harus dilakukan ;
Tips yang pertama adalah bila kendaraan
tiba tiba macet, segera keluar dan berusaha mendorong mobil keluar dari
perlintasan ( itupun jika sempat, paling tidak kita sebagai manusia
sudah berada di luar mobil dan terhitung aman dari petaka) mungkin pada
kasus ini kita disuruh memilih, nyawa atau mobil.
Tips kedua adalah dengan membunyikan
klakson sebisa mungkin pada saat mobil kita stuck di atas rel . Mengapa?
karena medan listrik yang ada di atas rel kereta api sangatlah tinggi
akibat gesekan dengan Kereta api dan mampu bertahan hingga 3 jam,
mengapa klakson? karena klakson bisa memutuskan aliran listrik. Dengan
bunyi yang tinggi seperti klakson ini mampu memutuskan rangkaian listrik
dan medan magnet di sekitarnya.
Walaupun begitu hanya Anda lah yang mampu memtuskan apa yang akan
Anda lakukan bila Anda tepat berada pada situasi seperti itu. Karena
situasi sekitar dan juga kejiwaan (faktor kegugupan dan ketenangan)
sebenarnya yang paling utama pada saat kita berada pada saat itu, jadi
segera putuskan untuk menyelamatkan jiwa Anda.
Ya walaupun itu tidak terjadi pada kita
namun ane sangat menganjurkan, jangan sekali-kali menerobos palang pintu
kereta api ya. karena ini sungguh adegan yang sangat berbahaya dan
tidak patut dicontoh. semoga berguna
sumber ; kaskus
No comments:
Post a Comment